Selasa, 04 Juni 2013

trobleshooting windows windows bekerja terlalu berat

trobleshooting windows
WINDOWS BEKERJA TERLALU BERAT


Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi artikel penyebab dan solusi komputer menjadi lambat. Seperti yang kita ketahui kekurangan Sistem Operasi Windows adalah ketika pertama kali install sistem operasi tersebut komputer kita dapat bekerja dengan baik dan cukup cepat tetapi setelah beberapa bulan pemakaian komputer kita terasa lambat. Kekurangan selanjutnya adalah Sistem operasi Ini rentan terhadap serangan virus yang juga menjadi faktor penyebab lambatnya kinerja komputer. Berikut akan saya paparkan penyebab dan solusi komputer menjadi lambat.

1.    Penempatan File dalam Hardisk tidak beraturan
         Ketika kita menyimpan file kedalam hardisk  file  tersebut ditempatkan dimana saja pada tempat yang kosong  dan  tidak beraturan, maka ketika sistem membutuhkan file tersebut, misalnya kita membutuhkan file document yang pernah kita simpan maka system akan memanggil file tersebut  dan bisa  jadi system akan kesulitan karena file yang tersimpan tidak beraturan tempatnya sehingga menyebabkan komputer menjadi lambat.
Solusi : rapihkan dengan disk defragment

2.   Terlalu banyak Start-up
Waktu pertama kali install dan menggunakan Sistem Operasi Windows terasa enteng dan cukup cepat, akan tapi ketika kita mulai menginstall beberapa aplikasi kita rasakan komputer menjadi lambat ini disebabkan salah satunya karena beberapa aplikasi otomatis jalan pada saat mulai menghidupkan komputer dan masuk ke system operasi.
Solusi : Matikan Start-up yang tidak penting

3.   Hardisk tempat system operasi berjalan penuh
Drive  yang berisi system operasi terlalu banyak file  juga bisa menyebabkan lambatnya kinerja komputer.
Solusi : usahakan ketika kita install system operasi buatlah   partisi lebih dari 1 yang berguna untuk penyimpanan data sehingga ketika kita menyimpan file arahkan file tersebut ke drive data dan bukan disimpan ke  drive tempat Sistem operasi berjalan.

4.   Partisi Hardisk  terlalu banyak
Partisi yang terlalu banyak juga tidak baik untuk kinerja komputer, hal ini akan membuat kerja keras system dalam membaca dan memanggil file yang tersimpan dalam hardisk
Solusi : buat 2 partisi saja, pertama untuk system operasi kedua untuk data, jika sudah terlanjur partisi lebih dari 2 gabungkan partisi dengan software dari pihak ketiga.

5.   Hardisk lebih dari 1
Ada keuntungan apabila kita memiliki hardisk lebih dari satu dalam 1 komputer yaitu jika yang satu rusak maka yg lain bisa digunakan dan masih banyak keuntungan lainnya. Namun ada juga kerugiannya yaitu kinerja komputer akan menjadi lambat karena arus listrik terpakai akan menjadi lebih, selain itu system  harus dipaksa membaca dan memanggil file pada 2 hardisk.
Solusi : gunakan 1 hardisk saja yang memiliki kapasitas yang sama dengan 2 hardisk tersebut.

6.   Temporary File terlalu banyak
Adalah sebuah system yang dibangun oleh SO windows untuk mempercepat terbukanya program aplikasi yang tersimpan dalam folder khusus, contohnya : ketika pertama kali membuka Microsoft word dirasakan agak lambat namun ketika membukanya kedua kali dan seterusnya maka Ms. Word tersebut akan langsung terbuka tanpa harus menunggu lama. Nah inilah fungsi dari temporary file. Namun demikian ada juga kekurangannya yaitu apabila file tersebut sudah terlampau banyak maka komputer akan menjadi lambat.
Solusi : bersihkan Temporary file


7.   Virus dan program jahat
Kinerja komputer akan menjadi lambat ketika file system Sistem Operasi terjangkit virus, bukan hanya menjadi lambat bahkan akan menyebabkan system operasi tidak bisa digunakan lagi.
Solusi : gunakan antivirus  handal  dan selalu update, sekarang rata-rata antivirus luar negeri sudah dapat mengenali dan membersihkan berbagai macam jenis virus dan program jahat yang terpenting adalah antivirus tersebut selalu terupdate.

8.   Antivirus lebih dari 1
terkadang kita menggunakan lebih dari 2 antivirus dengan alasan bahwa antivirus yang biasa kita gunakan belum mampu untuk membersihkan jenis virus baru. Ketika virus telah bersih lupa uninstall. Dan ada juga beberapa rekan menggunakan 2 antivirus berbeda yang pertama antivirus luar negeri yang kedua antivirus lokal dengan alasan ada beberapa jenis virus lokal yang hanya bisa dibersihkan dengan antivirus lokal. Itu keuntungannya untuk kerugian komputer akan menjadi lambat karena masing-masing antivirus terkadang secara bersamaan melakukan scanning ketika system operasi dijalankan dan ketika membaca flashdisk dan sejenisnya dimasukkan.
Solusi : Gunakan 1 antivirus saja. Uninstall antivirus yang menurut anda kurang handal.


Demikian beberapa Penyebab komputer menjadi lambat beserta solusinya,  semoga apa yang saya paparkan diatas bermanfaat.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar